Tuesday, June 3, 2008

New Book: Bertahan Di Bumi



Dalam upaya menyikapi perubahan iklim, lingkungan dan alam memerlukan perlakuan yang lebih baik dari manusia. Selama ini, alam selalu dijadikan obyek yang dilecehkan bahkan terkadang ‘diperkosa’ hak-haknya: bumi ditambang untuk dikeluarkan isi perutnya berupa minyak, gas dan mineral lain untuk keperluan manusia. Kulit luarnya (hutan) ditebas habis sehingga menyebabkan perubahan permukaan dan membuat ekosistem tidak seimbang dalam menopang kehidupan. Sumber daya alam tempat manusia hidup semakin tercemar dan menipis bahkan berbalik menjadi bencana. Bencana pemanasan global berada di depan mata.

Buku ini memberi gambaran dan inspirasi bagaimana kita bisa berubah memperlakukan setiap jengkal isi bumi dengan mengambil pelajaran aktual kasus lingkungan yang ada di Indonesia. Bagaimana upaya masyarakat lokal hingga global bertindak, dan trend seperti apa jika sebuah masyarakat yang ingin menjadikan alamnya lebih lestari dan berkelanjutan. Kemudian bagaimana langkah kecil kita selalu individu, kelompok atau masyarakat dapat bergerak menyelamatkan lingkungan. Ada pengetahuan praktis penyadaran diri terhadap alam misalnya dengan menghitung jejak ekologi dan jejak karbon yang dapat dipelajari dari buku ini.

Komentar:

"Manusia dan bumi sama-sama memerlukan gaya hidup yang sehat. Buku ini menjelaskan gaya hidup yang diperlukan oleh semua. Perubahan iklim, fenomena yang sangat nyata namun rumit, dijelaskan dengan cerdas, dan buku ini akan mendorong kita berperan nyata turut menyelamatkan planet bumi."
---Dr. Mochammad Indrawan, Staf Pengajar Jurusan Biologi FMIPA, Universitas Indonesia

“Dengan contoh contoh kejadian aktual dan gaya bahasa sederhana, buku ini mampu ‘membumikan’ pemanasan global dan perubahan iklim, sebagai akibat keperkasaan antroposentrisme manusia. Buku ini menawarkan berbagai gaya hidup ramah lingkungan, sebagai jalan keluar, agar kita dapat bertahan dan memelihara planet bumi yang hanya satu ini.”
---Arief Yuwono, Sekertaris Menteri Negara Lingkungan Hidup

“Buku ini memberikan pemahaman mendalam, wajib dibaca agar semua pihak sadar juga peduli pada kondisi bumi pada saat ini, dan segera merevolusi gaya hidupnya demi kehidupan masa mendatang…”
--- Jamila Catheleya, Miss Indonesia Earth-Ecotourism 2007

Berita Peluncuran:

Beli buku Kontak:
Yayasan Obor Indonesia
Jl. Plaju No. 10, Jakarta 10230Indonesia
Tel. 62-21-3920114, 62-21-31926978
Fax. 62-21-31924488
Email: yayasan_obor@cbn.net.id
Bagian Pemasaran : Enny S. M.

No comments: