Wednesday, May 23, 2007

MENANAM SEBELUM KIAMAT Islam, Ekologi dan Gerakan Lingkungan Hidup


Judul: MENANAM SEBELUM KIAMAT: Islam, Ekologi dan Gerakan Lingkungan Hidup
Editor: Fachruddin M. Mangunjaya, Husein Heriyanto & Reza Gholami
Pengantar: Emil Salim

Penerbit: Yayasan Obor Indonesia bekerjasama dengan Conservation International dan Islamic College and Advanced Studies( ICAS), Jakarta
Tahun terbit: Juni 2007.

Persoalan lingkungan, merupakan masalah global yang memerlukan perhatian semua pihak. Oleh karena itu, isu dan problema lingkungan tidak mungkin teratasi tanpa adanya pendekatan strategis bervisi global-holistik di tingkat pengambil kebijakan dan tersedianya solusi-solusi lokal pada tataran pelaksanaan praktis. Pencerahan pandangan yang ‘membaca’ isu-isu praktis lingkungan akan menjadi jembatan andai saja kita sanggup memberikan penjabaran-penjabaran yang luas tentang posisi diri dan fungsi diri manusia yang berkehendak untuk mengambil sikap dan perlakuan terhadap alam dan lingkungannnya.
Islam adalah agama satu milyar lebih manusia di bumi, atau lebih dari seper enam penduduk dunia sekarang ini dan tetap dipeluk dan diamalkan ajarannya oleh hampir di setiap negara yang mempunyai penduduk muslim. Dunia Islam, yang juga ditimpa oleh persoalan-permasalahan lingkungan di tengah kompetisi globalisasi dunia dan pembangunan ekonomi setelah lama terjajah oleh kolonialisme Barat, mencoba mulai bangkit dan menemukan kembali identitas mereka. Dunia Islam diharapkan dapat memberikan kontribusi, membangun dunia dan peradaban kemanusiaan termasuk menggali kembali khasanah landasan etika dan praktis ajaran Islam dalam menghadapi problematika lingkungan yang mengancam bumi kita ini.

Komentar terhadap buku ini:
Buku “Menanam Sebelum Kiamat” yang memuat karya tulisan sejumlah pemikir agama Islam membahas berbagai segi lingkungan hidup. Buku yang di-edit oleh Fachruddin M. Mangunjaya, Husain Heriyanto dan Reza Gholami merupakan ikhitiar memahami agama Islam secara lebih kontekstual dalam menanggapi berbagai tatangan lingkungan hidup.
Perkembangan sejarah para pemikir agama Islam dan non-Islam di dunia membuktikan bahwa setiap agama memiliki potensi memotivasi manusia, masyarakat dan bangsa meningkatkan kualitas hidup dan lingkungannya dalam ikhtiar dan pola hidup menanam mencegah kiamat.
-Prof. Dr. Emil Salim, Guru Besar Ekonomi Universitas Indonesia dan Mantan Menteri Negara Lingkungan Hidup RI

Indonesia merupakan negara dengan populasi Muslim terbesar di dunia, tentu saja upaya mengajak umat Islam dalam pelestarian alam di negara ini menjadi sangat berarti jika dilakukan melalui pendekatan Islami. Harapan kami kedepan, kegiatan ini akan membawa dampak signifikan bagi dunia Muslim yang lain, karena banyak negara-negara Muslim merupakan ‘negara-negara kaya’ karena sumber daya alamnya berlimpah, namun dari segi lingkungan—seperti diceritakan dalam buku ini--negara tersebut mengalami kerusakan lingkungan yang berat.

-Dr. Jatna Supriatna, Regional Vice President Conservation International Indonesia

Kami berpendapat bahwa siapapun yang berkomitmen sungguh-sungguh terhadap nasib peradaban manusia hari ini, ia haruslah memiliki perhatian terhadap krisis dan problema lingkungan. Dan buku ini mencatat kontribusi dunia muslim dalam menanggapi persoalan lingkungan mereka.
- Dr. Seyyed Mohsen Miri, Rektor Islamic College for Adance Studies-ICAS, Jakarta)
This book is an indication of not only Indonesia’s position as the most populace country in the Muslim world but also its abiding concern for the environment. There is much in Indonesian society that reflects its deep empathy with the natural world and this is a timely reminder to its people that conserving its threatened habitats can be achieved by the application of what is best in their Islamic traditions.

-Fazlun Khalid
Founder
Islamic Foundation for Ecology and Environmental Sciences (IFEES), Birmingham, UK.

Hubungi:

Yayasan Obor Indonesia
Jl. Plaju No. 10,
Jakarta 10230
Indonesia
Tel. 62-21-3920114, 62-21-31926978Fax. 62-21-31924488Email: yayasan_obor@cbn.net.id Bagian Pemasaran : Enny S. M.

Yayasan Obor Indonesia - Yogyakarta
Perum. Jombor Baru,Jl. Pajajaran Blok 2 No.21,Sleman 55282,Yogyakarta,
IndonesiaTel. 62-274-865557 Email: obor-yk@ygy.centrin.net.id

No comments: